oleh

Pemda Konawe Buka Pendaftaran TKL Di VDNI, Jumlah Pendaftar Sebanyak 5000 Jiwa

Konawe.Viewnews.co.id – Pemerintah Daerah (Pemda), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi membuka pendaftaran Tenaga Kerja Lokal (TKL) di PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) yang terhitung sejak  Tanggal 13 sampai dengan 28 Juli 2020.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Konawe, Ir. Joni mengatakan, Pemda membuka lowongan TKL  sebanyak  5000 dan sampai saat ini sudah mencapai sekitar 4000 pendaftar, terangnya, Kamis (23/7/2020).

“Ini sebagai bentuk perhatian Pemda kepada masyarakat lokal agar menjadi pelaku dan berpenghasilan di daerahnya masing-masing.”

Joni menambahkan, untuk pelamar yang akan mendaftar tidak dipungut biaya, mulai dari pengurusan Kartu Kuning (Kartu Tanda Pencari Kerja), pada perekrutan ini juga dikawal langsung oleh tim siber pungli untuk menghindari adanya prakter pungli, tuturnya.

Pada perekrutan, pembagian wilayah dilakukan dalam, tujuh Zona yakni Zona pertama di tiga Kecamatan seperti Bondoala, Morosi dan Kapoila. Zona ke dua diluar tiga Kecamatan itu seperti Sampara, Soropia, Amonggedo, Pondidaha, Wonggeduku, Wonggeduku Barat dan Meluhu.

“Zona tiga mulai dari Kecamatan Wawotobi sampai di Routa. Zona empat adalah Kabupaten penyangga yang ada di daratan se-Sultra seperti Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe Utara dan Konawe Selatan”,tambah Joni pula.

Dan untuk ,Zona lima khusus Kepulauan Buton, yakni terdapat di Buton Selatan (Busel), Konawe Kepulauan (Konkep) dan lainnya. Zona enam se-Sulawesi yaitu, Sulawesi Utara, Barat dan Sulawesi Tengah. Zona ke tujuh itu se-Indonesia, hal ini sesuai dengan UU nomor 13 tahun 2003, tentang ketenagakerjaan bahwa, Pemerintah Daerah diberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan dalam pelayanan publik, papar Joni.

“dan peraturan Pemerintah nomor 28, tahun 2018 tentang kerjasama Pemerintah Daerah dan sumber pendanaan dan penerimaan TKL kali ini dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Konawe”,urai Joni pula. (ry).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya