oleh

Entah Apa Yang Merasukinya ! Sejumlah Jurnalis Di Persekusi Saat Liputan Demo

Sultra.viewnews.co.id. – Entah apa yang merasukinya ! Kata-kata ini mungkin pantas disematkan pada beberapa oknum aparat kepolisian yang mengintimidasi sejumlah jurnalis saat tengah meliput aksi unjukrasa diseputaran mapolda sultra,Selasa (22/10).

Berdasarkan laporan yang diterima ,sembilan jurnalis diduga mendapat perlakuan buruk saat tengah mengabadikan beberapa moment penting pada saat demo yang berujung ricuh diseputaran polda sultra saat itu.

Selain merasakan intimidasi dan juga persekusi,beberapa jurnalis lainnya sempat menerima ancaman dari pihak oknum polisi berpakaian sipil yang saat itu sempat mengabadikan momen anarkis pada saat situasi mulai memanas dan berujung bentrok.

Beberapa jurnalis yang terintimidasi yakni Anca kontri sultra tv anca,Ronald Fajar inikatasultra.com,Pandi inilahsultra.com,Jumdin anoatimes.id,kontri sultra Inews.tv Muktarudin,kontri LKBN antara sultra Muhammad Harianto,Fadli Aksar Zonasultra.com ,Kasman kontri harian Berita Kota Kendari,dan kontri kumparan kendarinesia.id Wiwid Abid Abadi .

Dilansir dalam laporan kronologis yang dialami sejumlah jurnalis sultra kepada aliansi jurnalis indonesia (AJI) Sultra,intimidasi sejumlah jurnalis oleh oknum kepolisian telah melanggar beberapa pasal yang termaktub dalam Undang-Undang No 40 tahun 1999 tentang kebebasan perss.

Terkait hal ini forum jurnalis sultra ,mengecam tindakan oknum polisi yang melakukan intimidasi,serta menghalang-halangi,sejumlah jurnalis saat melakukan peliputan.

Forum ini juga mendesak Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam, mengusut dan memberi sanksi kepada anggotanya yang menghalangi kerja-kerja sejumlah jurnalis saat peliputan.

Tindakan sejumlah oknum polisi yang menghalangi, mengintimadasi dan kekerasan terhadap jurnalis melanggar Pasal 18 ayat 1, Undang-Undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers.olehnya forum juga Mengutuk tindakan teror terhadap jurnalis inikatasultra.com, Ronald Fajar, diduga dilakukan oknum polisi.

Forum jurnalia juga,Mengimbau agar pihak kepolisian dan semua pihak menghormati tugas jurnalis saat melakukan peliputan di lapangan, karena dilindungi undang-undang.

Terkait situasi ini Forum jurnalis Sultra juga ,Mengimbau kepada semua jurnalis, agar memperhatikan keselamatan saat melakukan peliputan dan menaati kode etik jurnalistik. (sumber : AJI SULTRA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya